Jumat, 25 Desember 2009

PAYPAL-Penjelasan & Cara Pendaftaran

https://www.paypal.com atau sering disingkat PAYPAL merupakan sistem/media pembayaran secara online yang sering digunakan oleh banyak pedagang online atau para pencari uang di internet. Paypal sendiri sudah mendukung media pembayaran ke banyak BANK dunia nyata di seluruh Negara, termasuk Indonesia.:ahaha:

Untuk dapat menggunakan Paypal, memang ada keharusan memiliki kartu kredit jenis VISA atau MASTERCARD:tsk:, dimana kartu kredit ini digunakan untuk verifikasi Paypal anda dan digunakan untuk mentransfer uang dari PAYPAL ke Kartu Kredit anda. Walaupun memang selain menggunakan kartu kredit untuk dapat menerima kiriman uang dari paypal, anda juga dapat menerima kiriman uang yang dituju ke rekening bank offline anda (tentunya setelah status paypal anda verified:devilishgrin:). Untuk itu, menurut saya kartu kredit tersebut hanya untuk memverifikasi status paypal anda agar resmi dan tidak di limitasi.

Dukungan terhadap bank di Indonesia sendiri oleh paypal, sudah hampir mencakup semua bank yang ada. Dari bank yang terkenal hingga bank yang tidak pernah anda dengar namanya.

Sedangkan untuk mendaftar di paypal, tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Namun, sebelum kartu kredit anda di gunakan di paypal, status paypal anda masih belum terverifikasi dan di kenakan limit transfer.

Apakah aman menggunakan kartu kredit di paypal? Ok, secara psikologis, dikarenakan maraknya kejahatan di internet (cybercrime) yang menggunakan dan membajak kartu kredit, banyak para netter yang sedikit takut untuk menggunakan kartu kreditnya di internet. Oleh karena itu, paypal merupakan sarana tepat bagi anda yang ingin menggunakan kartu kredit di internet dengan perantara dari PAYPAL. Karena paypal yang telah lama berdiri, memiliki tingkat keamanan yang sangat ketat dan aman. Namun, saat ini kartu kredit tersebut bisa digantikan dengan virtual kartu kredit atau biasa disebut VCC. Diforum-forum Indonesia, cukup banyak kalangan netter-netter yang menyediakan pembelian VCC untuk verifikasi PAYPAL anda, tanpa takut mengalami pencurian dari kartu kredit asli anda.

Mungkin itu pula sebabnya , banyak website-website jual beli online yang mendukung pembayaran dari PAYPAL, seperti e-bay, amazone, newegg dan lain sebagainya. Dari kesimpulannya, paypal adalah sistem perlindungan dan keamanan penggunaan kartu kredit anda di dunia maya, internet, dari kejahatan serius dunia maya internet.

Sebelum melakukan pendaftaran di PAYPAL, yang HARUS anda perhatikan adalah :

1. Usahakan biodata di isi sejujur mungkin, kalau perlu sesuaikan dengan KTP anda.
2. Nama lengkap pada saat mendaftarkan diri di PAYPAL harus IDENTIK SAMA dengan nama kepemilikan rekening bank anda.
3. Nama rekening yang digunakan rekening PAYPAL anda adalah nama e-mail anda.
4. Buatlah password yang gampang di ingat, namun sulit untuk di terka. Jangan pernah membuat password yang berhubungan dengan kelahiran anda, alamat anda, atau no telpon anda.
5. Usahakan jangan pernah menggunakan password yang sama untuk password PAYPAL anda selain password tersebut hanya untuk PAYPAL anda.
6. Paypal sudah mendukung pencairan dana ke bank lokal anda dan memakan waktu 2-7 hari kerja. Sekedar info, saya pernah menerima pembayaran dari rekening PAYPAL ke rekening bank BCA didaerah saya dan memakan waktu lebih kurang 2-3 hari setelah saya melakukan PO dari rekening PAYPAL saya. Untuk melihat daftar Bank di Indonesia yang didukung oleh PAYPAL, silahkan klik disini
7. Penggunaan kartu kredit virtual atau VCC dapat digunakan untuk anda yang tidak memiliki kartu kredit seharga kisaran 85ribu rupiah. Dan penggunaan VCC ini legal hukumnya, karena di sahkan oleh pihak PAYPAL.

Untuk informasi dan pembelian tentang VCC, silahkan anda menuju www.vccmurah.com atau smartbusinesstoearnmoney.

Setelah penjelasan diatas, apabila anda siap untuk mendaftar di paypal, silahkan anda langsung klik alamat dibawah ini





















Seperti anda lihat pada gambar diatas, langkah selanjutnya adalah mengklik tombol "Sign Up Today". Setelah itu anda akan disuruh memilih tipe rekening paypal yang akan anda gunakan seperti gambar berikut.


















Pilihlah sesuai dengan keperluan anda. Sedikit catatan, berikut kutipan dari Pusat Bantuan PAYPAL tentang perbedaan tipe rekening paypal :

Apakah perbedaan antara rekening Pribadi, Primer, dan Bisnis?
Answer : Semua rekening PayPal memungkinkan Anda mengirim dan menerima pembayaran.
- Rekening pribadi biasanya digunakan untuk melakukan pembelian.
- Rekening Primer digunakan untuk melakukan pembelian dan penjualan menggunakan nama pribadi.
- Rekening Bisnis digunakan untuk melakukan pembelian dan penjualan menggunakan nama kantor atau perusahaan Anda.

Setelah anda menentukan akan menggunakan tipe rekening paypal yang mana, langkah selanjutnya adalah mengisi biodata anda untuk mendaftar diri di Paypal.





















Sesuai petunjuk pada gambar diatas, berikut penjelasannya :
1. Isilah dengan Alamat email yang anda punya.
2. Buat dan isikan password anda untuk bisa mengakses paypal anda.
3. Ketik dan isikan ulang password yang telah anda ketik sebelumnya di kolom ini.
4. Masukkan nama depan dan nama tengah anda.
5. Masukkan lagi nama belakang anda. Contoh : Muhammad Fajar Siddiq = Muhammad adalah nama depan dan Fajar adalah nama tengah serta Siddiq adalah nama belakangnya.
6. Isilah dengan tanggal, bulan dan tahun kelahiran anda. BB = Bulan ; HH = Hari ; TTTT = Tahun.
7. Pilihlah kebangsaan negara anda. Biasanya telah otomatis, sesuai dengan jaringan anda berasal/ pilihan bahasa yang anda gunakan.
8. Isikan alamat lengkap anda.
9. Isian untuk alamat, apabila kolom di poin no. 8 tidak cukup / optional.
10. Isilah dengan kota tempat anda tinggal.
11. Isilah dengan provinsi tempat anda tinggal, beserta kode pos lokal wilayah anda tinggal.
12. Isilah dengan no telepon anda yang dapat dihubungi, apabila suatu saat paypal anda mengalami masalah cybercrime, sehingga pihak paypal akan langsung menghubungi anda.
13. Opsi ini dapat conteng, apabila anda juga ingin menggunakan kartu kredit anda melalui paypal. Atau tidak diconteng pun tidak masalah.
14. Kolom pengisian untuk nomor kartu kredit yang anda miliki.
15. Tipe kartu kredit yang didukung oleh paypal.
16. Kolom isian yang disesuaikan dengan kartu kredit anda.
17. Sebelum anda melanjutkan, perhatikan dan baca lagi keseluruhan isi dari formulir tersebut. Siapa tahu anda mengalami kesalahan no telpon atau nomor rumah / alamat email, dsb, sehingga anda tidak bisa menggunakan paypal. Setelah anda kroscek, dan ternyata fine-fine aja tuh, selanjutnya anda tinggal klik tombol Kuning "Setuju dan Buat Rekening" seperti pada gambar diatas.

Apabila formulir anda diterima (tanpa ada kesalahan dalam penulisan), maka halaman paypal tadi akan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini.

















Sesuai dengan nomor yang tertera di gambar, penjabarannya sebagai berikut:
1. Merupakan tombol "log out" atau tombol untuk anda keluar secara aman dari rekening online PAYPAL anda. Kan gak masuk aja yang perlu pengamaman, keluar pun butuh keamanan dan privasi.
2. Tanda ini berarti anda adalah anggota yang benar-benar dijaga keamanannya.
3. Apabila anda belum/tidak memiliki kartu kredit, anda dapat mengklik tombol tersebut untuk langsung masuk kerekening paypal anda, tanpa perlu mengisi data-data kartu kredit bagi yang sudah memilikinya.

Saya sendiri, setelah sampai pada step diatas, tidak dapat mengisi data-data kartu kredit (karena emang gak punya kartu kredit,mpe sekarangpun,,,hikzz..) dan akhirnya memilih poin nomor 3. Setelah cukup lama memiliki rekening paypal tersebut, baru saya memverifikasinya dengan membeli VCC.

Dibawah ini merupakan gambar setelah anda diterima dan masuk ke rekening anda.

Inilah penjelasannya :
1. Tombol untuk keluar secara aman dan clear.
2. Pilihan bahasa untuk interface PAYPAL anda.
3. Status rekening Paypal anda (verifikasi paypal anda).
4. Jumlah saldo rekening paypal anda.
5. Overview pembayaran yang anda terima ke rekening paypal anda.
6. Overview dari pembayaran yang anda keluarkan.
7. Untuk melihat semua transaksi anda, dari yang diterima hingga yang anda keluarkan.
8. Konfirmasi bahwa email yang anda buat benar-benar aktif, sehingga anda dapat menggunakan akun rekening paypal anda.

Langkah selanjutnya adalah memilih point no. 8 dan mengklik tombolnya untuk mengkonfirmasikan alamat email anda kepada pihak paypal, hingga anda diarahkan ke halaman seperti gambar dibawah ini.















Untuk itu, selanjutnya adalah melakukan "langkah 2: Klik tombol aktifkan" sesuai dengan lingkaran merah di gambar yang saya beri no urut 1 dan bukalah email anda yang digunakan untuk pendaftaran rekening PAYPAL anda. Apabila didalam email anda, belum mendapatkan kiriman dari pihak PAYPAL yang isinya kurang lebih seperti pada gambar, cobalah melakukan no urut 2 yang ada pada gambar diatas, untuk meminta paypal mengirimkannya lagi.

Kalo sudah, cobalah tunggu sekitar 30-60 menit. Karena berdasarkan pengalaman saja, untuk menerima email konfirmasi semacam ini, apabila email anda menggunakan yahoo cenderung memakan waktu cukup lama untuk menerima email konfirmasi tersebut yang berisi kode konfirmasi untuk mengaktifkan akun PAYPAL anda. Sebagai contoh, gambar dibawah ini menggunakan alamat email dari yahoo dan gmail yang mendapat kiriman email konfirmasi dari PAYPAL, akan tetapi tidak mendapat tombol aktifkan, hanya terdapat kode-kode seperti yang ditunjukkan oleh panah berwarna merah.Kalau seperti ini, maka anda dapat mengklik tombol yang tersedia pada "langkah 2", yang dilingkari warna merah dan diberi nomor urut 1. Maka, pilihlah dan klik tombol "klik disini jika tombol tidak ditampilkan dalam email" tersebut.

( contoh email yahoo yang menerima kiriman email dari paypal )














( contoh email gmail yang menerima kiriman email dari paypal )














Copy kode yang tertera pada email anda, seperti contoh gambar email diatas, kode tersebut biasanya berada persis seperti yang saya tunjukkan dengan panah merah di gambar contoh email diatas.

Setelah anda melakukan klik tombol "klik disini jika tombol tidak ditampilkan dalam email", maka halaman paypal anda akan berubah seperti gambar dibawah ini















Paste atau ketikkan saja biar pasti kode sebelumnya, isi di kolom yang saya tunjukkan dengan panah merah, lingkaran merah dan bernomor 1 pada gambar diatas. Selanjutnya lakukan konfirmasi dengan mengklik tombol kuning yang bertuliskan "konfirmasikan" sesuai dengan petunjuk no.2 pada gambar diatas.

SELAMAT...















Sampai step ini, PAYPAL anda sudah aktif dan dapat digunakan, walaupun masih dikenakan limit karena akun rekening paypal anda belum terverifikasi. Pilihlah opsi no.3 pada gambar diatas tersebut apabila anda belum/tidak memiliki kartu kredit. Apabila anda ingin memverifikasi paypal anda dengan kartu kredit pribadi anda, pilih saja opsi no. 2, dan ikuti langkah-langkahnya sesuai dengan panduan pihak PAYPAL.

Untuk verifikasi paypal melalui VCC, anda akan dipandu oleh penjual VCC nya.

Semoga saja artikel ini berguna, dan dapat membantu anda yang ingin terjun ke dunia bisnis online atau berbelanja melalui internet. Mohon maaf apabila ada salah, saran dan kritik monggo...isi di kolom komentar dibawah saja ya...:woooh:

3 komentar:

  1. Wah... makasih gan atas infonya...
    dari pada internetan yang g berguna.. mending sambil diabawa cari uang....
    betul g brooo???

    BalasHapus
  2. Thanks infonya ya...sangat informatif

    BalasHapus

 
Kembali ke atas / To Up