Kamis, 24 Desember 2009

BEBERAPA PELUANG BISNIS ONLINE

Macam-macam peluang bisnis Online (Internet) di Indonesia atau di Dunia

Layaknya kehidupan di dunia nyata, ragam pekerjaan atau peluang bisnis di internet pun memiliki warna tersendiri dan terkategorikan. Tinggal anda sendiri yang menentukan, akan memulainya dimana, dan saran saya sesuaikan dengan kemampuan anda sendiri.

Terlepas dari itu semua, keterkaitan pihak ketiga dalam penerimaan “upah” hasil jerih payah anda bekerja lewat internet sangat diperlukan.Seperti halnya peran BANK dalam kehidupan nyata, “bank online” di internet pun wajib menurut saya untuk anda yang ingin mengais rejeki dan peruntungan melalui media internet.


Memang, jika membicarakan bisnis-bisnis online, maka tidak ada habisnya.Karena hingga saat ini saja ada ratusan kategori bisnis online yang di ikuti oleh ribuan program.Tentunya selain daripada PPC (local atau internasional), pulsa online, atau e-book.Faktanya, setiap tahun muncul beberapa program baru yang dapat menghasilkan uang, dan berkembang cepat.Entah itu hasil modifikasi program yang lama maupun hasil inovasi ide kreatif baru.

Peluang bisnis online kali ini, yang akan saya tulis merupakan peluang bisnis online yang saya ketahui dan beberapa di antaranya sudah pernah saya coba, serta terbukti membayar. Sebagian lainnya, belum pernah saya coba, namun banyak para netter-netter lain yang sudah membuktikannya.Coba saja anda berusaha sendiri mencari bukti-bukti yang otentik dan kuat mengenai peluang bisnis yang terbukti membayar.Karena saran saya, anda jangan hanya terpaku pada satu tulisan saja. Cari lagi yang lain, bisa ditanyakan lewat om google, untuk menambahkan keyakinan anda terjun di bisnis online ini.


I. Google Adsense

Google Adsense merupakan sebuah bisnis online berbasis PPC atau Paid Per Click, dimana anda akan dibayar per klik yang anda hasilkan. Akan tetapi klik yang dihasilkan bukan hasil anda sendiri (karena itu dilarang oleh pihak Google Adsense), melainkan dari hasil klik pengunjung yang meng klik iklan dari Google Adsense.Sejauh yang saya ketahui, untuk bisa berbisnis lewat Google Adsense, anda diharuskan memiliki website sendiri atau minimal blog seperti blog ini.Dan kemudian di letakkan banner-banner iklan yang ditempatkan di website atau blog anda sendiri. Jadi apabila berbicara tentang modal yang dikeluarkan, jawab saya : tidak pasti. Namun terkadang ada teman-teman netter yang sukses dengan bisnis google adsense nya, tanpa perlu mengeluarkan uang atau hanya mengandalkan blog miliknya sendiri.

Akan tetapi, dikarenakan google adsense merupakan perusahaan raksasa dibawah naungan Google Corp. (tau kan GOOGLE…), maka kebanyakan pemasang iklan di google adsense merupakan iklan dari perusahan-perusahan yang cukup ternama.Oleh karena itu, tidak sembarangan google adsense memilih web atau blog untuk menempatkan iklan-iklannya.Salah satu persyaratannya yang saya ketahui merupakan rangking atau kualitas dari web/blog anda.

Bisnis ini merupakan salah satu bisnis online yang cukup banyak pengikutnya di Indonesia.Upah yang diberikan google adsense bervariasi, semua tergantung dari topic iklan, asal pengunjung yang melakukan klik pada google adsense dan faktor-faktor lainnya.Google Adsense oleh para netter kebanyakan dijadikan sebagai program utama mereka.


II. Pay To Click (PTC)

Pay To Click atau disingkat PTC, adalah program usaha yang hampir mirip dengan PPC seperti google adsense, tetapi bukan orang lain yang mengklik untuk menghasilkan uang. Melainkan anda sendiri yang mengklik iklan tersebut untuk menghasilkan uang dan iklan yang diberikan tersebut tidak bisa anda letakkan di blog atau website anda.

Secara singkat, PTC adalah program yang memberikan kita imbalan berupa uang dengan mengklik dan melihat iklan yang diberikan.Besarnya imbalan dan banyaknya jumlah iklan serta lamanya waktu melihat iklan yang diberikan berbeda untuk setiap program penyedia jasa PTC.

Sejauh pengetahuan saya, PTC yang muluk-muluk dengan iming-iming imbalan besar per klik, tidak akan bertahan lama dan kemungkinan besar merupakan PTC Penipu atau disebut SCAM. Karena hasil jerih payah anda tidak dapat di cairkan (biasa disebut : PO / Payment Out).

Untuk peluang bisnis melalui program PTC ini, bisa saya katakan tidak perlu modal uang alias gratis untuk menjadi anggotanya.Dan untuk besarnya penghasilan melalui program PTC ini, relatif kecil.Karena apabila anda bekerja sendiri, penghasilannya kecil.Karena itu banyak para netter yang mengatakan PTC merupakan program pencari recehan.

Tingkat kepercayaan netter sendiri terhadap program PTC mulai menurun dikarenakan maraknya PTC-PTC yang tidak membayar membernya atau PTC SCAM.Namun oleh segelintir orang, PTC bisa menjadi peluang bisnis yang menghasilkan uang hingga puluhan atau ratusan juta rupiah per bulannya, dan salah satu yang saya ketahui diantaranya ada orang Indonesia yang berhasil dalam berbisnis PTC dengan penghasilan ±$1500 perbulannya.


III. Make Money Blogging

Peluang bisnis kali ini, memanfaatkan kemampuan anda untuk mengelola blog anda sehingga menghasilkan uang,selain melalui program PPC seperti google adsense. Macam-macam pekerjaan yang diberikan, berhubungan dengan kegiatan-kegiatan anda seputar blog. Entah itu dibayar per posting (original) yang anda buat, atau mereview produk-produk/website/jasa, menulis/ memberi komentar sesuatu di blog anda, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, kebanyakan penyedia program uang ini mensyaratkan tulisan yang dibuat harus dalam bahasa internasional umum alias bahasa Inggris.

Cukup banyak peluang bisnis melalui kegiatan blogging anda, antara lain adalah:

1. Payperpost.Com
2. Reviewme.Com
3. Sponsoredreviews.Com
4. Smorty.Com
5. Blogitive.Com

Dan masih banyak lagi. Sisanya cobalah anda cari & tanyakan sama om google saja ya :D.


IV. Menulis E-Book dan Menjualnya

Peluang bisnis kali ini berkaitan dengan kegiatan dalam membuat e-book (buku elektronik) dan mempublikasikannya/ menjualnya.

Buatlah tulisan anda, lalu jadikan tulisan anda tersebut menjadi e-book dengan format PDF kebanyakannya. Setidaknya, menurut saya pribadi, tulisan anda yang akan dijual tersebut usahakan benar-benar berbobot dan berguna serta bisa dibuktikan kebenarannya dari tulisan e-book anda. Sehingga orang lain yang membeli e-book anda tidak akan kecewa hingga menghujat serta mencaci maki anda dan mencap anda sebagai seorang penipu.

Ada banyak situs yang menawarkan kemudahan dalam bisnis jual beli E-Book ini, antara lain:

1. Paydotcom.Com
2. ClickBank.Com
3. TradeBit.Com


V. Jual Beli Domain

Jual Beli Domain ini adalah bisnis yang juga menghasilkan uang. Pernahkah anda berpikir, sebuah nama sangat berarti apabila nama tersebut mudah diingat, memiliki makna tersendiri? Nah, domain pun demikian. Bagi yang belum mengetahui apa itu domain, domain adalah serangkaian huruf yang membentuk kata dan memiliki arti yang digunakan sebagai alamat sebuah website di internet dan memiliki extension atau berakhiran dengan .com / .net / .org / .biz dan lain-lain. Bisnis ini mulai populer di tahun 1998, dimana pada saat itu merupakan era-era penting didalam dunia jaringan internet atau masa keemasan dot com.

Ok,kembali ke topik tulisan, bisnis domain memang merupakan peluang penghasil uang yang sangat besar. Saya ambil contoh, pada tanggal 19 mei dan 19 desember tahun 2009, nama/domain diamond.com dan vodka.com terjual dengan harga : diamond.com = $7,5 juta dan vodka.com = $3,5juta. Silakan dikalikan sendiri ya, dengan kurs rupiah saat ini, berapa bila dijumlahkan dalam kurs uang bangsa Indonesia alias dalam bentuk uang rupiah.

Untuk menekuni bisnis ini, diperlukan keberanian, modal yang kuat, dan tentunya jaringan internet + komputernya. Setelah anda membeli domain yang anda kehendaki, selanjutnya anda dapat menjualnya kembali melalui website-website lelang khusus domain.

Dibawah ini beberapa situs yang menyediakan layanan lelang/ jual beli domain:

1. Sedo.Com
2. Aftermarket.com
3. RickLatona.com
4. Pool.com
5. AfterNIC.com

Dari daftar tersebut, syaratnya adalah anda harus mendaftar dan menjadi anggota terlebih dahulu, dan bisnis ini saya kategorikan bisnis yang memerlukan modal (bahkan modal yang diperlukan cukup besar bagi saya) alias TIDAK GRATIS.


VI. Hasilkan Uang Dari Keahlian Anda Melalui Media Internet

Apabila anda memiliki keahlian/ kemampuan lebih, terutama yang berkaitan dengan dunia IT,seperti desain grafis, ataupun programmer, beberapa alamat dibawah ini dapat anda jadikan peluang menghasilkan uang melalui internet. Tentunya sesuaikan dengan keahlian anda yang akan dijual.

1. RentaCoder.Com
2. Elance.Com
3. LogoWorks.Com
4. DesignOutpost.Com


VII. Peluang Menghasilkan Uang Untuk Para Fotografer

Bagi anda yang gemar melakukan kegiatan jepret-jepret, anda dapat mencoba menjual hasil jepretan anda melalui internet. Artinya, dunia fotografi pun merupakan salah satu bidang yang tepat untuk memulai peluang mendapakan uang melalui usaha jual beli foto hasil jepretan anda sendiri, karena di dunia internet ada beberapa penyedia jasa jual beli Foto.

Dibawah ini meupakan website-website yang membayar foto anda setiap kali di download atau anda jual langsung.

1. ShutterStock.Com
2. BigStockPhoto.Com
3. DreamsTime.Com
4. Fotolia.Com


VIII. Desainer Grafis Untuk Desain Kaos atau Pakaian

Memang, jika kita membicarakan tentang hobi masing-masing, tidak akan ada habisnya. Karena hobi pun dapat menghasilkan uang, asalkan marketplace atau tempat menjualnya sudah tepat.

Jika anda ahli dan hobi dalam desain grafis, cobalah anda buat sebuah desain untuk kaos. Setelah itu, cobalah jual desain anda. Jika beruntung anda akan mendapatkan penghasilan dari setiap penjualan yang dihasilkan. Berikut daftar beberapa website yang siap membeli hasil desain kaos anda.

1. Zazzle.Com
2. SpreadShirt.Com
3. PrintMojo.Com
4. 99dogs.Com


IX. Peluang Untuk Para Penulis

Mengisi tulisan untuk menghasilkan uang secara online tidak hanya dilakukan di blogging. Anda dapat menjadi penulis tetap di About.Com, dengan tentunya memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Apabila disetujui minimal anda akan dibayar sebesar $725 / Bulan, angka yang lumayan bukan?

nih linknya : http://beaguide.about.com/index.htm


X. Memberikan Saran/Ide Untuk Nama Sebuah Domain

Dengan memberikan saran/ide nama domain yang bagus serta menarik bagi investor, anda akan mendapatkan bayaran $25 per nama domain premium yang diminati. Apabila anda tertarik, silahkan bergabung di http://www.PickyDomains.Com


XI. Menjadi Tukang Nilai (REVIEW) Produk

Peluang mendapatkan uang kali ini cukup mudah. Anda hanya diharuskan mereview atau menilai suatu produk yang sudah ditentukan. Tapi apabila hasil review anda tidak sesuai dengan yang dikehendaki, otomatis anda tidak akan dibayar.Berikut daftar beberapa websitenya:

1. ReviewStream.Com
2. SoftwareJudge.Com


Semoga artikel ini berguna dan dapat menambah wawasan anda tentang dunia bisnis online untuk mendapatkan penghasilan uang melalui media internet.

1 komentar:

 
Kembali ke atas / To Up